KLINIK SAINS SMK 2017 - SMK INSAN MULIA YOGYAKARTA

SMK INSAN MULIA YOGYAKARTA

Cerdas, Kreatif, dan Bertaqwa

Rabu, 11 Oktober 2017

KLINIK SAINS SMK 2017



Sebanyak 50 produk tepat guna karya siswa SMK se-DIY dipamerkan dalam 'Klinik Sains SMK 2017' di Gedung Pamungkas Yogyakarta, 10-11 Oktober 2017. Pameran diselenggarakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

Kabid Bidang Perencanaan dan Standarisasi Disdikpora DIY, Drs Suroyo mengatakan, pameran rutin diadakan setiap tahun dan telah memasuki tahun ke-6 penyelenggaraan. Tujuannya untuk memamerkan hasil karya para siswa SMK kepada publik, sekaligus merangsang siswa untuk menciptakan produk-produk lain yang inovatif dan tepat guna. "Karya yang dipamerkan sekaligus dilombakan, sebagai wujud apresiasi kepada siswa," terang Suroyo kepada krjogja.com disela pameran, Selasa (10/10/2017). Menurut Suroyo, jumlah pendaftar yang masuk sebanyak 100 proposal. Pihaknya terpaksa membatasi 50 karya karena keterbatasan tempat. Selain pameran, juga diluncurkan Jurnal Pesona yang memuat karya-karya inovasi siswa SMK. (sumber: krjogja ).

SMK Insan Mulia kali ini menampilkan dua stand pada acara tersebut. Stand yang pertama menampilkan hasil karya siswa/siswi SMK Insan mulia dengan mengusung hasil karya kebanggaan mereka, yakni "infused water". "infused water" adalah salah satu jenis minuman yang di buat dari sari buah alami. "Infused water" ini mempunyai karakteristik yang khas. Dikemas dalam botol plastik yang higienis, Berbeda dengan jus buah, "infused water" ini tidak melalui proses blending dalam pembuatannya, sehingga mengurangi resiko rusaknya nutrisi yang terkandung dalam buah yang menjadi bahan utamanya. "infused water" tidak berwarna alias bening seperti air minum kemasan biasa. Stand "infused water" sangat diminati para pengunjung pameran, produknyapun laris manis. Hanya dalam waktu kurang dari tiga jam "infused water" ini ludes terjual.

Sedangkan stand yang ke-dua, menghadirkan karya kreatifitas siswa/siswi SMK INSAN MULIA yang lain. Yakni pemanfaatan kulit salak untuk pembuatan produk tas. Tas yang dihasilkan dari limbah kulit salak ini selalu mencuri perhatian sebagian besar pengunjung yang melewati stand SMK INSAN MULIA. Karena memang tas kulit salak yang dipamerkan ini tampilannya sangat cantik dengan motifnya yang khas kulit salak.

Acara KLINIK SAINS SMK ini hanya berlangsung selama 2 (dua) hari, yakni mulai tanggal 10 Oktober 2017 sampai dengan 11 Oktober 2017.

***

LATAR BELAKANG

SMK merupakan sekolah pilihan favorit yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat luas. Pandangan pesimisme bahwa SM...